info@psq.or.id
+62 21 7421661

Bedah Buku Moderasi Islam Karya Dr. Muchlis M. Hanafi

    Home / Artikel / Bedah Buku Moderasi Islam Karya Dr. Muchlis M. Hanafi

Bedah Buku Moderasi Islam Karya Dr. Muchlis M. Hanafi

0

Sabtu, 16 Desember 2017 di Jogoroto. Tepatnya pada waktu menjelang senja. Sekitar jam 16:30, bedah buku “Moderasi Islam” karya Dr. Muchlis M. Hanafi, MA dimulai dengan pembacaan surat Al-fatihah yang dipandu langsung oleh pembawa acara, Ust. Muhammad Faiq Faizin, M.Pd.

Acara itu bertempat di halaman pondok pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto-Jombang. Tepatnya berada di panggung utama yang akan digunakan untuk mewisuda 64 santri yang telah merampungkan hafalan 30 juz al-Qur’an bil-ghoib dan yang telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti wisuda hafidh ke empat tahun 2017.

Tampak di depan Dr. Mukhlis M. Hanafi, MA, Kiai Ainul Yaqin, SQ, dan Ust. Muhammad Faiq Faizin, M.Pd sedang duduk di panggung utama yang telah disediakan panitia dan sudah siap untuk mendiskusikan buku “Moderasi Islam.”

Tidak sedikit hadirin yang hadir di majelis itu. Lebih kurang ada 200 yang ikut serta khidmat mendengarkan setiap apa yang di dauhkan Dr. Mukhlis. Bukan hanya santri Hamalatul Qur’an dan alumni Bayt al-Quran, hadirin dari luar pun juga banyak yang antusias mengikuti bedah buku hingga acara selesai.

Inti ditulisnya buku itu, karena banyaknya orang-orang yang masih memiliki pemahaman yang tidak sejalan dengan agama. Ada sekelompok yang sangat ketat dalam beragama, ada juga yang sangat longgar. Sebagian ekstrim ke kiri, sebagian lagi ada yang ke kanan. Nah, dalam buku itu, penulis mengenalkan pemahaman Islam yang moderat, adil, lagi baik yang sejalan dengan ajaran agama.

Bedah buku “Moderasi Islam” oleh Dr. Mukhlis M. Hanafi, MA itu diadakan dalam rangka wisuda hafidh yang ke-empat pondok pesantren Hamalatul Qur’an Jogoroto dan sebagai reoni (silaturahmi) alumni pondok pesantren pasca tahfidh Bayt al-Quran Pusat Studi al-Quran Jakarta.. 

Dalam rangkaian acara pada sore hari itu dimulai dengan pembukaan, pembacaan Kalam ilahi oleh saudara Haidar Ali. Sambutan pengasuh pondok pesantren Hamalatul Qur’an oleh Bapak Kiai Ainul Yaqin, SQ pada rangkaian acara setelah Kalam ilahi. Dilanjutkan bedah buku “Moderasi Islam” yang langsung disampaikan oleh beliau Dr. Mukhlis M. Hanafi, MA. Acara itu ditutup dengan do’a oleh K.H Imam Mawardi.

Jogoroto, 16 Desember 2017