info@psq.or.id
+62 21 7421661

LIVING QUR’AN

    Home / Programs / LIVING QUR’AN

LIVING QUR’AN

lv

Di balik layar Living Quran

Selasa, 08 Oktober 2013

Indonesia terdiri dari masyarakat yang majemuk dalam budaya, bahasa dan agama. Hal ini menjadikan Indonesia rentan dengan berbagai konflik. Pemahaman agama yang benar akan membuat masyarakat Indonesia hidup berdampingan secara harmonis, sebagai makhluk-makhluk Tuhan. 

Sayangnya, agama yang sejatinya merupakan petunjuk bagi manusia untuk menjalankan kehidupan yang berkualitas, seringkali dipahami hanya dalam bentuk simbol-simbol dan ritual belaka. Tidak heran bila kemudian nilai-nilai agama tidak muncul di masyarakat. Agama kadang dijadikan kambing hitam dalam konflik-konflik horizontal di masyarakat.

Pusat Studi al-Qur’an (PSQ) memiliki visi membumikan al-Qur’an di tengah masyarakat yang plural. Bukan sebatas pada al-Qur’an sebagai bacaan, namun termasuk juga kandungan nilainilainya. Tidak sebatas mampu membaca al-Qur’an atau mengetahui kandungannya, namun juga  mengaplikasikannya dalam keseharian.

Penanaman nilai serta pemahaman agama yang benar perlu dilakukan sedini mungkin. Untuk itulah PSQ menyusun kurikulum Living Qur’an yang merupakan alternatif kurikukum pendidikan agama Islam untuk anak dan remaja usia 3-18 tahun.

Kurikulum disusun oleh para Dewan Pakar di Pusat Studi Al Qur’an.

1. Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA

2. Prof. Dr. Darwis Hude, MA

3. Dr. A. Wahib Mu’thi, MA

4. Dr. Asep Usman Ismail, MA

5. Dr. Muchlis M Hanafi, MA

6. Faried F. Saengnong, PhD

7. Muhammad Arifin, MA

8. Najelaa Shihab, M.Psi

 

Informasi lengkap program Living Qur’an Klik