info@psq.or.id
+62 21 7421661

Programs

    Home / Programs

Programs

LIVING QUR’AN

Program pendidikan Al-Quran untuk sasaran anak  usia 4 hingga 17 tahun di tingkat kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah (SMA). Anak dan remaja diperkenalkan pada pemahaman Islam secara utuh menekankan interaksi dengan al-Qur’an bersama isu-isu yang relevan erat dengan kehidupan sehari-hari.

HALAQAH TAFSIR

Adalah pengajian untuk umum dilakukan setiap hari Rabu pukul  10.00-12.00 wib ditempatkan di Pesantren Bayt Al-Qur’an Pondok Cabe Tangerang. Materi pengajian diberikan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab, menggunakan 2 model secara tematik yang membahas isu problematika sosial keagamaan yang berkembang di masyarakat dalam perspektif Al-Qur’an, serta pendekatan tafsir tahlili yang mengupas ayat demi ayat. Narasumber disi oleh Dewan PSQ.

PESANTREN PASCA TAHFIZH BAYT AL-QUR’AN

Program ini dikhususkan bagi para penghafal Al-Qur’an dari berbagai pesantren khusus tahfizh di seluruh Indonesia. Merujuk pada penelitian yang kami lakukan pada bulan Mei 2009 realitas penghafal Al-Qur’an umumnya berasal dari kalangan ekonomi lemah. Tidak jarang dari mereka yang meninggalkan pendidikan formal demi berkonsentrasi untuk menghafal Al-Qur’an, berangkat dari fenomena tersebut PSQ mengembangkan program yang menitiktekankan pada peningkatan aspek keilmuan 70%, dan 30% pada aspek kewirausahaan dan pengembangan diri.  Materi yang diberikan dalam Program yang berbasis Pondok Pesantren ini adalah Tafsir,

TRAINING OF TRAINER (ToT).

Tujuan utama kegiatan ini membekali para tenaga-tenaga professional baik Dai/penyuluh agama, Guru agama Islam maupun Dosen pengajar Tafsir dengan wawasan Islam yang moderat, toleran dan Islam yang menjadi rahmah bagi semua kelompok dan golongan. Sasaran program TOT ini adalah pengajar tafsir baik Madrasah maupun Pesantren, Dosen tafsir baik Perguruan Tinggi Islam Negeri maupun swasta (PTAIN/PTAIS) dan penyuluh agama di seluruh Indonesia.   Kegiatan TOT tersebut dikemas dalam bentuk tutorial, diskusi, seminar, dan pelatihan. Materi utama yang diberikan dalam bentuk modul tersebut meliputi materi Moderasi Islam, Toleransi dalam Islam dan Kaidah-Kaidah Penafsiran Al-Qur`an, Bagaimana berinteraksi dengan Al-Qur`an dan Sunnah, dan materi-materi lain sesuai dengan kapasitas pesertanya.

PENDIDIKAN KADER MUFASSIR (PKM).

Program ini ditujukan bagi mahasiswa Pascasarjana S2 dan S3 yang sedang melakukan penelitian di bidang kajian tafsir Al-Qur’an. Bentuk programnya adalah pemberian beasiswa selama 6 bulan kepada peserta terpilih dan ada kegiatan perkuliahan terjadual dalam bentuk tutorial, PSQ juga menyediakan pembimbingan untuk penulisan Tesis dan Disertasi pesertanya dari dewan pakar PSQ. Dan bagi mahasiswa yang berprestasi diberikan kesempatan menyelesaikan penelitian ke Mesir selama 2 bulan dan dibimbing langsung oleh Guru Besar Terkemuka sebagai Mitra PSQ

PUBLIKASI DAN PENERBITAN:

Perpustakaan Digital (Digital Library Of Al-Qur`an/DILIA), dimana secara umum koleksi di Perpustakaan PSQ tersebut fokus pada buku dengan tema tafsir Al-Qur`an dan tema ilmu-ilmu keislaman lainnya, koleksi disajikan dalam bentuk format tercetak (buku cetak) maupun digital (pdf, audio-video, software-software Al-Qur`an) dan jurnal serta Tesis/Disertasi dibidang kajian Al-Qur`an. Dibidang penerbitan kami menerbitkan Jurnal Studi Al-Qur`an (JSQ) dan Buku “Kekerasan atas nama Agama: Meluruskan Kesalahpahaman seputar Konsep Jihad dan Perang ” yang terbit Tahun 2010.

 

Kerjasama PSQ

–          Metro TV

–           SCTV

–          Kompas TV

–          Radio Brava

–          Radio Cosmopolitan

–          Radio Elshinta