info@psq.or.id
+62 21 7421661

Silaturahmi Alumni Bayt al-Quran di Ndalem Kiai

    Home / News / Silaturahmi Alumni Bayt al-Quran di Ndalem Kiai

Silaturahmi Alumni Bayt al-Quran di Ndalem Kiai

0

Ustad Anwar membuka silaturrahmi alumni Bayt al-Quran dengan ayahanda Dr. Mukhlis M. Hanafi, MA diawali bacaan al-Fatihah. 

Di ndalem Kiai Ainul Yaqin yang sangat-sangat sederhana itu, berkumpul alumni Bayt al-Quran dari angkatan pertama hingga angkatan limabelas yang lebih kurang dengan jumlah 20-an.

Setelah dibuka, Ust. Anwar mempersilakan semua alumni untuk menyampaikan apa saja yang ingin disampaikan. Ada salah satu alumni angkatan pertama bercerita tentang apa yang sedang di jalankannya sekarang, salah satunya meneruskan ternak lele yang dulu ketika di Bayt al-Quran di ajar-praktikkan. Ada yang sedang merintis madrasah al-Quran (TPQ)). Ada juga alumni yang mengeluhkan teman-teman satri di pesantrennya yang hanya merasa cukup dengan menghafalkan al-Quran saja, tanpa ada keinginan untuk  terus melanjutkan belajar memperdalam pemahamannya terhadap al-Quran. Juga ada salah satu alumni yang menyampaikan program-progam yang sedang dirintis untuk membumikan al-Quran di kampus-kampus, bukan hanya di pesantren-pesantren saja. Dan masih ada beberapa lagi yang disampaikan alumni saat itu.

Dr. Mukhlis menanggapi satu persatu, sesekali memberi solusi, masukan, saran, dan dikali lain beliai juga meminta masukan atau keluhan dari para alumni apa yang sekiranya dari pihak PSQ bisa membantu. Baik pribadi atau sekelompok yang  mempunyai misi yang sama, InshaaAllah pihak PSQ akan membantunya. Entah pendidikan atau yang lainnya.

Terakhir beliau mempunyai tiga harapan yang semoga dapat terlaksana. Pertama, beliau menginginkan entah setahun dua kali atau sekali diadakan daurah atau semacamnya untuk alumni yang berpusat di Bayt al-Quran. Selain untuk mempererat silaturahmi dan jaringan, diharapkan juga bisa mengkaji bersama apa yang sekiranya teman-teman alumni inginkan untuk dikaji bersama. Kedua, diharapkan setiap wilayah mempunyai agenda yang sama, yakni silaturahmi dan kajian-kajian al-Quran. Ketiga, beliau menginginkan masing-masing alumni menyampaikan masukan, kendala, atau keluhan yang sekiranya apa yang bisa pihak PSQ bantu.

Acara silaturahmi kecil-kecilan itu ditutup dengan foto bersama bapak Dr. Mukhlis M. Hanafi, MA di depan ndalem Kiai Ainul Yaqin yang sederhana itu.

Jogoroto, 16 Desember 2017