Seminar konsep “Wasthiyyah Dalam Islam” untuk karyawan PSQ

 

 

 

 

 

Ciputat-Selasa (18/12) Bertempat di gedung serbaguna PSQ diadakan pembekalan materi tentang konsep “Wasthiyyah Dalam Islam”, kegiatan yang dikhususkan untuk pimpinan dan karyawan PSQ “Pusat Studi Al-Qur’an” ini sebagai pemberitahuan sekaligus memberikan pemahaman kepada intern PSQ tentang salah satu agenda utama yang diemban PSQ.

Sebagai pemateri disampaikan salah satu dewan pakar “Pusat Studi Al-Qur’an” DR. Muchlis M.Hanafi, MA. Menyampaikan beberapa hal terkait konsep Al-wasathiyyah itu sendiri, yang salah satunya memberikan pengertian  konsep Al-wasathiyyah yaitu sebuah metode berpikir, berinteraksi dan berperilaku yang didasari atas sikap tawâzun (seimbang) dalam menyikapi dua keadaan perilaku yang dimungkinkan untuk dianalisis dan dibandingkan, sehingga dapat ditemukan sikap yang sesuai dengan kondisi dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip ajaran agama dan tradisi masyarakat. Sebagaimana ajaran agama akan berfungsi secara baik sebagai hudan (petunjuk) bagi umat manusia manakala dipahami dengan tawassuth dan tawâzun. Bila tidak maka akan timbul persoalan besar seperti dialami oleh umat-umat terdahulu.

Kegiatan diskusi ini akan rutin diadakan sebagai bahan pengatahuan dan pemahaman bagi intern PSQ sebagai wadah degan visi membumikan al-Qur’an.