Peringatan Isra’ Mi’raj 1435 H di Pesantren Pasca Tahfidz Bayt Al – Qur’an

mi'raj-1Pondok Cabe – (Rabu,28 Mei 2014) Peringatan Isra’ Mi’raj diadakan di Masjid dan pelataran Pesantren Pasca Tahfidz Bayt Al – Qur’an pondok cabe, kegaiatan sengaja diadakan berbarengan dengan jadwal kegiatan rutin pengajian halaqah tafsir yang diadakan setiap hari Rabu. Kegiatan Isra’ Mi’raj selain dihadiri jama’ah tetap pengajian halaqah juga dihadiri ibu – ibu jama’ah pengajian sekitar wilayah pesantren dan para pengurus dan staff Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) Ciputat dan ikut hadir juga beberapa alumni santri pesantren Pasca Tahfidz Bayt Al – Qur’an, sehingga terlihat tempat yang disediakan panitia terisi semua oleh jama’ah.

Kegiatan Isra’ Mi’raj diawali pada selasa 27 Mei 2014 dimulai pukul 19.30-21.30 WIB dengan pembacaan Khatmil Qur’an (pertama) yang dibacakan para santri Bayt Al – Qur’an, kegiatan dilanjutkan pada Rabu 28 Mei 2014 di mulai pukul 09.00 – 11.40 WIB dengan rangkaian acara pembacaan Khatmil Qur’an (kedua/lanjutan) sekaligus pembacaaan tahlil dan do’a Khatmil Qur’an. Kegiatan kemudian dibuka dan dilanjutkan dengan pembacaan tilawah, pembacaan Asmaul Husna (bacaan yang biasa dibaca sebelum narasumber menyampaikan materi pada pengajian rutin hari rabu), sambutan panitia kegiatan oleh Amrol Musyrifin (santri bayt qur’an angkatan IX dan sambutan pengasuh pesantren Bayt Al-Qur’an Dr. Wahib Mu’thi,MA kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian ceramah oleh Dr. Muchlis M. Hanafi, MA.

Dalam ceramahnya Dr. Muchlis menyampaikan kilas balik peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw secara mendalam melalui pemahaman ayat – ayat al-Qur’an, Dengan demikian, untuk mempercayai kejadian mi’raj Dr. Muchlis mengajak para jama’ah hendaknya kita menggunakan kalbu tanpa harus memaksakan akal untuk menerimanya (lanjutan ceramah di artikel). Terakhir rangkaian kegiatan ditutup dengan pembacaan do’a.