Penutupan Program Pasca Tahfidz Angkatan VI

 

 

 

 

 

 

 

Bertempat di Pondok Pesantren Bayt Al-Qur’an, peserta program Pasca Tahfidz berkerumun mengitari aula pondok yang pada hari Rabu, 6 Februari 2012 tengah melaksanakan penutupan program yang dimulai 5 bulan yang lalu. Tepatnya program ini dibuka pada tanggal 9 September 2012.

Selama 5 bulan menjalani program yang padat dan kaya materi berupa Ulumul Qur’an, Pengembangan diri serta Kewirausahaan ini, sebagian peserta didik tengah mengupayakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya. Sebagian lain dengan mantap ingin pulang kembali ke pesantren asal, untuk meneruskan bekal pengetahuan yang diberikan untuk disebarkan ke lingkungan masing-masing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu perwakilan santri, Mufti Aliyuddin dalam untaian kalimat perpisahannya, menekankan program yang selama ini diikutinya semakin meyakinkan dirinya untuk bisa memilah apa yang bisa diperlukannya untuk melanjutkan keingintahuannya selama ini. Santri yang berasal dari Pondok Pesantren Al-nur Litahfizhil Qur’an di Bogor ini menyadur ungkapan “give a man a fish and you feed him for a day. Teach a man to fish and you feed him for a lifetime” yang mengisyaratkan bahwa apa yang dia dan rekan-rekan dapatkan selama program ini adalah kemampuan untuk ‘memancing’ di lahan yang lebih luas selepasnya dari sini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dr. A. Wahib Mu`thi, MA dalam sambutan perpisahan kali ini juga menyiratkan rasa bangganya kepada seluruh peserta program yang berjumlah 30. Semua peserta yang berasal dari lingkungan berbeda, mulai dari Jawa Timur, Kalimantan hingga NTB bisa berkumpul dan memadukan dasar keilmuannya hingga program berlangsung lancar.

Perbedaan latar belakang ini pula yang menyebabkan beberapa santri mesti meredam ‘faham’ yang diyakininya untuk bisa menengahi kemungkinan konflik yang timbul. Selaras dengan semangat moderasi yang selama ini juga ditekankan oleh Pusat Studi Al-Qur’an dalam mengambil sikap terhadap apa yang tengah terjadi di masyarakat yang plural.

Di akhir penutupannya, pihak Pusat Studi Al-Qur’an yang diwakili oleh Manager Programnya, M. Arifin, MA, turut mengucapkan terima kasih kepada pihak Bank BNI 46 sebagai donatur program Pasca Tahfidz hingga berakhirnya program angkatan terakhir. [Teks&Foto:Agus]