Pembelajaran Sumber Data di Internet Untuk peserta PKM

 

Ciputat,-Pusat Studi Al-Qur’an–(30/11) tepat di hari jum’at kegiatan perkuliahan Kader Mufassir diisi oleh Dr. Umar Haddad, MA. Kali ini beliau memberikan materi lanjutan dari materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya yaitui Penelusuran Informasi di Internet. Beliau membuka pertemuan kali ini dengan menyodorkan beberapa “berkah” hadirnya internet ditengah-tengah kita yang mana di era globalisasi saat ini dibutuhkan akses yang cepat, tepat dan bermanfat. Salah satu “berkah” tersebut adalah melimpahnya informasi dihadapan kita ketika berada di dunia maya.

 

Perkuliahan yang di fokuskan kepada mencari dan menemukan “Sumber data penelitian di internet” Sehingga dengan banyaknya informasi saat ini kita diharapkan sanggup mendapatkan  apa yang kita inginkan. Namun tidak bisa dipungkiri memang, jika dulu kita kebingungan mencari bahan untuk membuat sebuah tulisan, kebingunan itu juga terulang lagi dimasa sekarang yang mana dengan melimpahnya informasi saat ini membuat kita kebingungan manentukan atau memilih bahan yang ingin kita peroleh. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini beliau ingin memberikan trik dan rahasia mencari informasi yang memang layak untuk kita konsumsi.

 

Pada pertemuan ini pemateri memberikan pemaparan bagaimana menilai data yang akan kita ambil dari dunia internet yang sesuai kebutuhan kita. Diantaranya adalah;  beliau menyarankan untuk memcari info tentang tema yang ingin kita bahas, kemudian barulah kita melihat sejauh mana keakuratan data yang kita ambil serta seberapa jauh keaktualan data tersebut. Yang tidak boleh dilupakan juga adalah otoritas dan kapasitas data tersebut. Semoga bermanfaat. (myq)ed: m.y.arfan