info@psq.or.id
+62 21 7421661

Kunjungan MTS-MA Al-Qur’an La Raiba Hanifida

    Home / News / Kunjungan MTS-MA Al-Qur’an La Raiba Hanifida

Kunjungan MTS-MA Al-Qur’an La Raiba Hanifida

1

Pada hari Kamis, 2 Juni 2016, PSQ mendapat kunjungan tamu jauh. Sekira 54 siswa dan siswi MTS-MA Al-Qur’an La Raiba datang dan berkunjung ke pesantren Bayt al-Qur’an Pondok Cabe Tangerang Selatan.

Bagi siswa-siswinya, ini adalah kali pertama mereka menapak kakinya di pesantren tahfiz Qur’an. Namun bagi pendirinya, Hanifudin Mahadun, M.Ag ini kali kedua bisa bertemu langsung dengan Direktur PSQ, Prof. Dr. Quraish Shihab, MA. Seperti kunjungan perdananya yang menjelaskan metode Hanifida, yakni teknik membaca dan menghafal cepat, dalam kunjungan kali ini siswa-siswinya ditantang untuk diuji kemampuan menghafalkan al-Qur’an. Para santri Bayt al-Qur’an memancing dengan meminta para siswa untuk melanjutkan melantunkan surat maupun ayat yang disebut sebelumnya.

Dalam presentasinya yang diadakan di ruang kelas pesantren, pengasuh dan sekaligus penemu metode ini juga menjelaskan perkembangan metode kepada pengurus PSQ. Jika dalam pertemuan sebelumnya metode ini mendapatkan dukungan, lebih jauh mereka ingin memperkenalkan praktek menghafal kata dan angka. Angka dipilih karena relatif lebih sulit untuk dihafal. Jika pada akhirnya angka-angka ini bisa dihafal dengan baik, maka pada prakteknya menghafalkan asmaul-husna, atau bentukan kata dan kalimat juga akan semakin mudah.

Dalam sambutannya, Prof.Dr. M. Quraish Shihab, MA menyambut gembira perkembangan metode ini. Saat diminta untuk memberikan wejangan bagi para siswanya, beliau ingin agar mereka tak sekedar hafal, namun juga bisa mengembangakannya lebih jauh. Hingga saat ini metode ini sudah mendapatkan penghargaan Dari DEPAG RI dan Kerajaan Arab Saudi. Setelah hafal, maka ada tingkatan MEMAHAMI baik teks secara kontekstual agar mereka bisa berinteraksi dengan al-Qur’an. Dengan begitu mereka bisa memberikan pemahaman baik bagi dirinya,maupun bagi yang bertanya akan ilmu al-Qur’an.

Tingkatan selanjutnya adalah, adalah mempraktekan kandungan dan nilai-nilai al-Qur’an. Karena inilah yang sesungguhnya lebih dicintai dan bermanfaat luas.

Salah satu siswa dalam akhir kunjungannya memberikan kenang-kenangan berupa frame yang berisi perjalanan Prof. Dr. M. Quraish Shihab,MA selama hidupnya.

IMG_7286-

IMG_7287-

Terima kasih untuk Khoirotul Idawati Mahmud, M. Pd.I yang turut hadir dalam kunjungannya kali ini.

One thought on Kunjungan MTS-MA Al-Qur’an La Raiba Hanifida