info@psq.or.id
+62 21 7421661

Kunjungan Grand Syeikh Al-Azhar

    Home / News / Kunjungan Grand Syeikh Al-Azhar

Kunjungan Grand Syeikh Al-Azhar

0

Grand Syech Al-AzharDalam rangkaian kunjungan bersejarahnya ke Indonesia yang berlangsung 22– 26 Februari 2016, Grand Syeikh Al-Azhar Mesir, Prof. Dr. Ahmed Al-Thayyeb yang juga Ketua Umum Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional (World Association of Al-Azhar Graduates), berkesempatan berkunjung dan meninjau Pusat Studi Al-Quran (PSQ) yang dipimpin oleh Prof. Dr. M Quraish Shihab yang juga Ketua Umum Ikatan Alumni Al-Azhar di Indonesia.

Pada kesempatan kunjungan Selasa siang, 23 Februari 2016, Grand Syeikh didampingi oleh sejumlah anggota Majelis Hukama Al-Muslimin yang dipimpinnya, mantan Menteri Wakaf Mesir Prof. Dr. Mahmoud Hamdy Zakzouk, sejumlah pejabat tinggi Al-Azhar, Duta Besar dan anggota Korps Diplomatik Kedutaan Besar Mesir di Jakarta.

Al-Azhar merupakan salah satu lembaga keislaman tertua di dunia yang dikenal dengan pendekatan studinya yang moderat dan mengakar kuat kepada tradisi keilmuan Islam klasik. Sementara Syeikh Ahmed Al-Thayyeb dikenal sebagai sosok ulama moderat, selalu menyerukan persaudaraan, dan tegas mengkritik Zionis. Di bidang akidah, Syekh Al-Thayyeb dikenal sebagai tokoh ulama yang selalu menganjurkan mazhab Asy’ari yang menurutnya paling pas dalam memadukan antara wahyu dan akal. Mazhab Asy’ari juga paling hati-hati dalam mengafirkan seseorang.

Grand Syech Al-Azhar

Dalam kunjungannya di PSQ, Grand Syeikh mendengarkan penjelasan Dr. Quraish Shihab mengenai program dan kegiatan PSQ yang membina kader-kader umat di bidang tafsir dan kajian Al-Qur’an. Saat ini, PSQ memiliki program Pendidikan Kader Mufasir (PKM), sebuah program yang dikhususkan bagi mahasiswa pascasarjana atau peneliti yang sedang menyelesaikan tesis atau disertasi dalam studi Al-Qur’an. PSQ juga memiliki program Pesantren Pasca Tahfiz Bayt Al-Qur’an, sebuah pesantren khusus bagi mereka yang hafal Al-Qur’an. Para santri di Bayt Al-Qur’an dibekali dengan sejumlah perangkat ilmu pendukung sebagai bekal mereka melakukan kajian Al-Qur’an secara lebih mendalam.

Selain itu, PSQ juga menyelenggarakan pelatihan bagi para dai dan penyuluh agama, guru agama maupun dosen pengajar tafsir di seluruh Indonesia, dengan menekankan pada materi-materi pola interaksi dengan Al-Qur’an dan Sunnah, wawasan Islam yang moderat dan toleran, Islam yang menjadi rahmat bagi semua kelompok dan golongan, kaidah-kaidah tafsir, dan dan materi-materi lain sesuai dengan kapasitas pesertanya.

Grand Syech Al-Azhar

PSQ sendiri merupakan sebuah lembaga studi non-pemerintah yang memfokuskan diri pada penelitian dan studi Al-Qur’an, pembinaan kader-kader umat dengan berpegang pada prinsip Islam moderat. Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam memiliki ajaran-ajaran luhur yang dapat dijadikan solusi bagi berbagai persoalan-persoalan yang dihadapi umat Islam dan bangsa Indonesia yang majemuk.