“Pola Kepribadian” Untuk Peserta PKM dan Santri Bayt Qur’an

Selasa (25/9) Pendidikan Kader Mufassir “PKM” dan Santri Bayt Qur’an belajar bersama di pesantren Bayt Qur’an, pondok cabe Ciputat, kuliah yang dimulai pukul 10.00 wib ini belajar tentang “Pola Kepribadian” yang disampaikan oleh Nasywa Shihab, M.Psi sebagai pemateri.

Kuliah yang disampaikan melalui materi dan game ini bertujuan agar peserta dapat saling mengenal satu sama lain dan agar lebih dekat, Dimana game tersebut “memaksa” para peserta untuk mencari hoby dan karakter rekan-rekannya yang lain yang sesuai dengan karakter dan hoby yang telah tertulis didalam selembar kertas yang telah dibagi kepada semuanya. pemenangnya ditentukan dengan cara siapa yang lebih banyak mendapatkan informasi dari peserta lainya. dan pemenangya pun berhak memekikkan kata “BINGGO”. Walhasil, dengan cara demikian banyak dari perserta yang sebelumnya terlihat tampak tidak saling sapa berbuah menjadi saling kenal.

Kegiatan dilanjutkan kali ini peserta diminta untuk mengisi pertanyaan-pertanyaan yang tertuang dalam tiga lembar kertas. Pertanyaan tersebut bertujuan untuk melihat tipe keperibadian dari masing-masing peserta. Pertanyaan-pertanyaan ini merujuk kepada penelitian yang dilakukan oleh Carl Jung yang bernama MYERS BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI). Yang mana pertanyaan-pertantyaan tersebut akan menghasilkan 16 tipe keperibadian. Setelah pertanyaan-pertanyaan tersebut selesai dijawab para peserta diminta untuk menghitung jumlah hasil yang yang telah mereka kerjakan, yang kemudian dijelaskan maksud dan tujuan agar bermanfaat bagi keperibadian masing-masing peserta.