Kuliah PKM Angk VIII membahas “Tafsir wa Ushuluhu”

Ciputat – Kegiatan perkuliahan Pendidikan Kader Mufassir ‘PKM’ kembali dilaksanakan pada Senin (05/11) pukul 10.00 WIB di kantor PSQ. Perkuliahan berkaitan dengan Ulumul Qur’an membahas tema: Tafsir wa Ushuluhu wa Mashadiruhu, At-Tafsir al-Isyari dan at-Tafsir al-Fiqhi. Sebagai pemakalah materi disampaikan peserta PKM Zahrul Athriah dan Andi Satrianingsih.

Pembahasan ini diawali dengan membicarakan pembagian tafsir dari segi metode keilmuannya. Zahrul membicarakan mengenai Tafsir bil Maktsur dan Tafsir bi ar-ra’yi, baik dari segi defenisi masing-masing, sebab kedhaifan tafsir tersebut, bagaimana pendapat  para ulama mengenai tafsir ini, kemudian karya-karya tafsir yang cenderung dengan tafsir bil maktsur dan bi ar-ra’yi.

Kemudian Andi Satrianingsih juga menjelaskan pembahasan berikutnya mengenai at-Tafsir al-Isyari (penafsiran sufi) dan at-Tafsir al-Fiqhi yang berisikan ayat-ayat hukum kemudian menjelaskan cara mengeluarkan hukum dari ayat tersebut. Tak kalah pula ia menjelaskan karya-karya ulama yang cenderung dengan metode penafsiran ini.

Selanjutnya sebagai dosen pembimbing pada mata kuliah ini Muhammad Arifin,MA memberikan informasi-informasi yang up to date berkaitan kuliah yang disampaikan sehingga lebih mengena dan mendalam dengan konteks kekiniian. Sehingga Perkuliahan yang berjalan selama 2 jam ini menambah informasi aktual dan menjadi hal yang menarik dikupas dan diperbincangkan.