Kegiatan Praktik Profesi Lapangan (PPL) “LANGKAH AWAL MENJADI MUFASSIR”

 

 

 

 

 

Sebanyak 50 peserta mengikuti kegiatan Praktik Profesi Lapangan (PPL)  دورة بداية المفسر  “Langkah Awal Menjadi Mufassir”  diikuti Mahasiswa S.1 program studi tafsir hadits, Kegiatan yang dilaksanakan mulai Tanggal 28 Januari 2013 s.d 01 Februari 2013 ini ditempatkan di Ruang perkuliahan Pesantren Bayt al-Quran perum bukit raya No.10 Pondok Cabe Ciputat.

 

Kegiatan acara yang dibuka Senin 28/1/2013 pada jam 10.00 wib diawali pengenalan Pusat Studi al-Qur’an (PSQ) yang disampaikan M.Arifin, MA sebagai manager program PSQ dan dilanjutkan penyampain jadwal kegiatan dan tata tertib oleh Ach. Zayadi,M.Pd. Sebagai simbolis pembukaan kegiatan diserahkan Buku Modul Profesi Lapangan (PPL) yang bertema دورة بداية المفسر “LANGKAH AWAL MENJADI MUFASSIR” dari M. Arifin, MA manager Program PSQ kepada Didi Junaedi, MA sebagai perwakilan sekaligus pendamping peserta Mahasiswa dari IAIN Nurjati Cirebon. Setelah itu kegiatan disambung dengan sesi pertama yang disampaikan Dr. Muchlis M. Hanafi, MA dengan tema Pola Interaksi dengan Al-Quran dan Sunnah.

Sebagai tujuan kegaiatan PPL adalah memberikan materi berupa wawasan dibidang tafsir dan metodologi penafsiran. Mengenalkan lebih dekat program-program yang dijalankan di PSQ, dan  Memberikan informasi seputar buku referensi dibidang kajian tafsir dan digital library.

Pelaksanaan kegiatan Praktik Profesi Lapangan (PPL) ini atas Kerjasama Pusat Studi Al-Qur`An (PSQ) Jakarta Dengan Ikatan Alumni Al-Azhar Cabang Indonesia (IAAI), IAIN Syekh Nurjati Cirebon Fakultas Adab Dakwah Ushuluddin Prodi Tafsir Hadits, STAIN Jember Fakultas Ushuluddin Prodi Dakwah. (Lip.arfan)