info@psq.or.id
+62 21 7421661

Kegiatan Pelatihan SYARHIL QURAN

    Home / Agenda / Kegiatan Pelatihan SYARHIL QURAN

Kegiatan Pelatihan SYARHIL QURAN

0

Pada 11 Oktober 2016, rombongan qori dan qoriah dari mahasiswa dan mahasiswi UIN Syarf Hidayatullah Jakarta yang tergabung dalam HIQMA bekerjasama dengan Pondok Pesantren Bayt al-Qur’an mengadakan pelatihan Syarhil Quran.
Syarhil Quran HIQMA UIN Jakarta 2016

Selain berkunjung, kehadiran di Pesantren Bayt Quran juga digunakan untuk belajar tafsir al-Qur’an dalam pembuatan, pembukuan dan analisis naskah syarhil Quran (P2ASQ) bersama Bapak Dr. A. Husnul Hakim, MA.

Dalam sambutan ketua HIQMA, Kurnia Yuha Izvana, mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu dari program kerja divisi Syarhil Quran. Beliau berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat terjalinnya silaturrahmi yang berkelanjutan antara HIQMA dan Bayt AlQuran PSQ.

Bapak Achmad Zayadi, sebagai pengurus PSQ meminta agar dalam rangkaian acara ada penampilan syarhil Quran dari santri Bayt alQuran dan juga dari mahasiswa, untuk melatih mental dan menambah pengetahuan.

Koordinator divisi Syarhil Quran HIQMA UIN Jakarta, Ayu Sariyani Harahap, mengatakan bahwa peserta dalam kegiatan ini adalah pengurus dan anggota syarhil Quran HIQMA dan santri Bayt alQuran PSQ, dengan tujuan dari kegiatan ini adalah agar kita dapat belajar tafsir al-Qur’an guna mengetahui cara menafsirkan kandungan ayat al-Qur’an yang kemudian dimasukkan kedalam naskah syarhil Quran agar bisa dijabarkan menjadi naskah syarhil Quran yang sempurna.

Bapak Ust. Dr. A. Husnul Hakim, MA sebagai pemateri menjelaskan bahwa ketika akan membuat naskah syarhil Quran, hal yang pertama dilakukan adalah menentukan tema dan memilih ayat inti. Kemudian, ketikan menjelaskan tarsir ayatnya harus digantungkan dari pendapat ahli tafsir, setelah itu baru diperbolehkan pengembangan (improve) dengan pendapat kita. Intinya ketika menemukan ayat tidak boleh langsung di elaborasi, biasanya disebut dengan metode maudhu’i (tematik).

Ayu Harahap sebagai koordinator divisi Syarhil Quran mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini divisi Syarhil Quran HIQMA UIN Jakarta akan mengumpulkan naskah yang sudah ditulis dari masing-masing anggota, pengurus dan pembina divisi syarhil Quran kemudian dijadikan sebuah buku yang akan di ISBNkan dan Insya Allah akan dilaunchingkan pada acara Milad HIQMA “Semarak alQuran”, hal ini merupakan tindak lanjut dari rentetan kegiatan P2ASQ.

Ayu menegaskan bahwa divisi syarhil Quran bisa lebih berjaya kembali sebagaimana beberapa tahun terakhir. Dia berharap anggota, pengurus dan para pembina HIQMA dapat mendukung program ini agar berjalan lancar dan insya Allah berkah.

Segenap keluarga besar Himpunan Qari dan Qariah Mahasiswa mengucapkan terima kasih kepada Pusat Studi AlQuran dan Pesantren Bayt AlQuran [Ayu Harahap]