Kegiatan Khotmil Qur’an para santri

Menjadi kegiatan rutinan di Pesantren Bayt al Quran pada setiap hari Sabtu adalah Khotaman al-Quran, atau juga sering disebut tasmian. Kegiatan ini selain menjadi syiar keislaman bagi Pesantren, juga sebagai sarana bagi rekan-rekan santri dalam menjaga hafalan yang telah mereka selesaikan sebelum masuk ke program pasca tahfidz ini.

Kegiatan tasmian pada periode VII berbeda dengan angkatan sebelumnya, jika pada angkatan sebelumnya hanya dijadikan satu majlis /satu tempat saja, saat ini tasmian dilaksanakan di dua tempat berbeda yaitu bertempat di Musholla dan Aula Pesantren Bayt al-Quran. Pembacaan dimulai secara serempak setelah sholat subuh dengan jadwal yang telah ditentukan oleh koordinator ubudiyah. Seorang santri mendapat bagian satu juz membaca bil ghoib dan wajib menyimak rekannya setelah selesai membaca.

Pembagian dua majlis khotaman ini agar perkuliahan yang lain pada hari Sabtu masih tetap aktif sebagaimana mestinya. Sementara pembacaan al-Quran dapat juga dilakukan disela-sela pergantian jam kuliah setelah sholat ashar, namun bila perkuliahan yang lain cukup padat kegiatan dilaksanakan sampai ba’da isya dan untuk doa khotaman dibaca setelah sholat shubuh pada hari Ahad.