Holicamp bersama Living Qur’an ‘Mewujudkan Resolusi Keluarga’

Tanggal 22-23 Desember 2012 Living Qur’an mengadakan acara yang diberi tajuk Holicamp for Family. Mengingat waktu pelaksanaan yang berdekatan dengan momen tahun baru, baik hijriah maupun masehi, maka panitia memilih tema ‘Mewujudkan Resolusi Keluarga’ pada holicamp kali ini. Lokasi yang dipilih yaitu Batu Tapak, Cidahu, Sukabumi.

 

 

 

 

 

Acara dimulai Sabtu siang, pukul 13.00. Setelah saling berkenalan dan mengakrabkan diri, peserta dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok orang tua dan kelompok anak-anak. Kelompok anak-anak dipandu oleh kakak-kakak guru Living Qur’an.  Mereka diajak berdiskusi  mengenai bagaimana menjadi pribadi muslim yang baik. Tidak hanya sampai di situ, peserta juga diajarkan cara mewujudkannya pada diri mereka sendiri. Salah satunya dengan cara membuat pohon ekspektasi. Semua dikemas dalam kegiatan yang bervariasi. Mulai dari diskusi, menonton film hingga membuat kerajianan tangan (art and craft).

 

Sementara itu, para orang tua juga asyik dengan diskusi yang dipandu oleh Ust M Arifin , dewan pakar Pusat Studi Al Qur’an. Diskusi ini membahas  konsep keluarga dalam islam. Bagaimana tuntunan islam dalam berkeluarga, contoh penerapannya dalam keluarga Rasulullah SAW, juga isu-isu kontemporer mengenai keluarga yang dihadapi sehari-hari oleh peserta.  Kegiatan  dilanjutkan dengan panduan untuk menyusun resolusi keluarga.  Dalam kesempatan ini, peserta diajak untuk lebih saling mengenal pasangan dan mengkomunikasikan gagasan serta mimpi-mimpi dalam keluarga masing-masing, sebagai bahan untuk menyusun resolusi keluarga.

Acara hari kedua, dimulai dengan sholat malam dan renungan menggunakan media audiovisual. Kekhusyu’an subuh hari segera dilanjutkan dengan jogging menuju air terjun. Setelah bermain-main di air terjun, peserta pun mengikuti outbound dipandu oleh tim Living Qur’an dan Batu Tapak. Tujuan dari kegiatan outbound ini yaitu  meningkatkan kohesivitas antar anggota keluarga.

Kegiatan ditutup dengan kesan dan pesan dari peserta. Semoga, liburan bersama Living Qur’an  kali ini menjadi kegiatan yang tidak saja menyenangkan namun juga bermanfaat bagi seluruh peserta Holicamp. Sampai jumpa di kegiatan Holicamp berikutnya.