Esensi dari Pengkaderan Mufassir

Sesi kedua perkualiahan Pendidikan Kader Mufassir angkatan VIII Senin 10 September 2012 dilanjutkan bersama Dr. Mukhlis M. Hanafi MA. Pada kesempatan perkuliahan ini beliau mengajak agar memiliki misi sebagai pengkaji tafsir yang ujung-ujungnya adalah untuk menyatukan keragaman agama dan juga keragaman dalam pandangan mengenai agama. Pada dasarnya, ada 3 point yang diinginkan dari pelatihan ini: agar dapat segera menyelesaikan tesis atau disertasi yang hasilnya berkualitas; pendalaman materi terkait ilmu tafsir Al-Qur’an hadist dan menjadi duta dalam mengembangkan pemahaman Al-Qur’an kepada masyarakat.

Diharapkan sehingga peserta PKM bisa menyebarkan pemahaman Al-Qur’an dan Sunnah yang selaras dengan keragaman yang ada di Indonesia. Tentunya fakta ini mesti kita terima dengan pandangan yang sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah. Seperti kasus yang menjalar saat ini, adanya paham yang bersifat trans-nasional yang masih bersifat masif, apalagi pemahaman seperti itu didukung oleh negara luar. Seperti; Hizbut Tahrir, Salafi dan Wahabi, Syiah. Yang menurutnya hal ini pastinya kedepan akan semakin ramai karena pergerakannya masih relatif masif. Oleh karena itu, kita membumikan pemahamaman agama yang bersifat wasathiyah (moderat). “Kita bisa saja bersikap toleran, walaupun kadang hal ini masih dianggap lemah. Padahal, dalam Al-Qur’an dan Hadist toleran itu merupakan karakter ajaran Islam itu sendiri. Dengan adanya perbedaan pemahaman, tentunya mesti kita perhatikan dengan menyamakan persepsi sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah.

Kemudian kuliah dilanjutkan oleh Dr. A. Wahib Mu’thi, MA selaku manager program. Ia menjelaskan kembali mengenai kurikulum program PKM, dan beliau sangat mengharapkan masukan ataupun ide-ide baru demi perbaikan kualitas pelatihan ini yang selanjutnya akan diadakan evaluasi mengenai pelatihan ini tiap bulannya. Selain itu ada hal yang sangat menarik dan spesial yang diberikan bagi anggota PKM termasuk tawaran diskon 50 persen untuk pembelian “Tafsir al-Mishbah dan Ensiklopedi Al-Qur’an” karya Prof. Quraish Shihab untuk satu kali pembelian

[] Reni Rahmawati:pesserta PKM VIII