Bank Mandiri Mendukung Program Training of Trainers Pusat Studi Al-Qur’an

Senin, 21 Januari 2013, bertempat di Pesantren Bayt al-Qur’an, Pondok Cabe, pihak dari Bank Mandiri menyerahkan sumbangan kepada Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ).

Sumbangan tersebut ditujukan untuk mensponsori salah satu program PSQ, yaitu Training of Trainer (ToT) pada tahun 2013 ini. ToT merupakan program yang dimaksudkan untuk membekali para pengajar di bidang tafsir dengan wawasan dan pemahaman tambahan, baik mengenai kaidah penafsiran, maupun tentang nilai-nilai Islam yang moderat dan toleran. Dana yang diberikan oleh Bank Mandiri tersebut akan digunakan untuk penyelenggaraan program ToT di lima kota di Indonesia, yaitu: Sumbawa, Kupang,Sorong,Ternate dan Palu.

Dari pihak Bank Mandiri acara penyerahan bantuan dihadiri oleh Direktur Institutional Banking Abdul Rachman Assegaf, Direktur Finance dan Strategy Pahala N. Mansury dan beberapa karyawan Bank Mandiri. Sedangkan dari pihak PSQ, hadir Ketua Yayasan Dakwah Lentera Hati Indonesia Husein Ibrahim, Direktur PSQ Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA., Dewan Kurator PSQ Robby Djohan, perwakilan Dewan Pakar PSQ Dr. A. Wahib Mu`thi, MA, Dr. Muchlis Hanafi, MA, dan M. Arifin, MA, yang juga merupakan Ketua Program PSQ.

Turut hadir dalam acara tersebut, General Manager Penerbit Lentera Hati Husni Kamil, para santri Bayt al-Qur’an dan beberapa orang jamaah pengajian Halaqah Tafsir, serta perwakilan dari program PSQ yang lainnya.

Acara dimulai pada pukul 10.30 WIB oleh Manajer Operasional PSQ Artika Mantaram, yang pada hari itu berperan sebagai moderator. Setelah dilakukan pembacaan tilawah oleh Lalu Azhari, salah satu santri Bayt al-Qur’an yang bersal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, acara dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh perwakilan dari kedua pihak.

Sambutan pertama diberikan oleh Ketua Yayasan Dakwah Lentera Hati Indonesia Husein Ibrahim yang menyatakan kegembiraannya akan adanya bantuan tersebut. Beliau selalu percaya bahwa Islam bisa semakin berkembang di Indonesia, kemudian ke seluruh dunia. PSQ diharapkan menjadi salah satu roda penggeraknya, dan bantuan dari Bank Mandiri tentu turut menjadi pendukung terwujudnya cita-cita tersebut.

Direktur Institutional Banking Abdul Rachman Assegaf memberikan sambutan

Selanjutnya, Direktur Institutional Banking Abdul Rachman Assegaf, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan kepada PSQ merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Mandiri, yang kegiatannya terdiri atas tiga pilar utama, yaitu kemandirian komunitas, kemandirian edukasi dan kewirausahaan, serta fasilitas ramah lingkungan. Pada dasarnya, Bank Mandiri ingin berperan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya melalui peningkatan pendidikan dan kemandirian masyarakat itu sendiri.

Hal itu juga yang disebutkan oleh Direktur PSQ Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA. yang selanjutnya memberikan sambutan. Bahwa Bank Mandiri bersedia membantu pihak lain selain Bank Mandiri sendiri untuk bersama-sama menjadi mandiri, adalah sesuatu yang patut dihargai.

Penyerahan berkas bantuan Bank Mandiri; ki-ka: Pahala N. Mansury, Abdul Rachman Assegaf, Husein Ibrahim, Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA.

Acara ditutup dengan penandatanganan surat penyerahan bantuan dan penyerahan donasi secara simbolik, pada pukul 11.30 WIB. [teks: aca; gambar: agus]