info@psq.or.id
+62 21 7421661

Manfaat Silaturahmi

    Home / Artikel / Manfaat Silaturahmi

Manfaat Silaturahmi

0

Kalaupun kita memahami makna silaturrahmi dalam pengertian sempit, yakni menjalin hubungan harmonis antar keluarga, maka ini saja telah membawa dampaknya yang sangat besar bagi seluruh masyarakat. Masyarakat terdiri dari kumpulan keluarga kecil. Keluarga kecil berkaitan dengan keluarga besar, demikian seterusnya. Bila terjalin hubungan harmonis antar keluarga, maka keharmonisan itu akan merambat ke keluarga yang lain sehingga pada gilirannya akan mewujudkan masyarakat harmonis yang didambakan oleh agama, yakni Ruhama’u Bainahun (saling kasih mengasihi antar mereka) (QS.al-Fath [48]:29).

Tentu saja pengertian yang seluas mungkin dari silaturrahim akan membawa dampak yang lebih positif lagi karena ia menuntut terjalinnya kasih sayang antar semua makhluk Ilahi. Ia menuntut terciptanya persahabatan dan persaudaraan , bukan hanya Ukhuwwah fi ad-Din (Persaudaraan seagama), atau Ukhuwwah Wathaniyah (Persaudaraan Sebangsa), tetapi melebihi hal tersebut sehingga mencakup Ukhuwwah Basyariyah/Insaniyah (Persaudaraan kemanusiaan) dan Ukhuwah Khalqiyah (Persaudaraan semakhluk), dengan jalan memberi rahmat dan kasih sayang kepada semua makhluk, yang kesemuanya merupakan bagian dari Ukhuwwah Islamiyyah, yakni ukhuwah yang bersifat Islami dan diajarkan oleh agama Islam.

Ukhuwah tersebut paling tidak memberi peluang pada semua makhluk untuk meraih apa yang dibutuhkannya, karena semua adalah makhluk seperti kita juga. Dan tiadalah binatang-binatang yang melata di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat-umat seperti kamu juga (QS. Al-An’am [6]:38). Dalam konteks ini Nabi Muhammad saw. melarang kita menggunakan tulang-tulang untuk ber-istinja karena “Tulang adalah makanan saudara-saudara kamu dari jenis makhluk jin.” Dengan demikian semua yang “seudara dengan kita adalah saudara kita”. (Buku Menabur pesan Ilahi, Karya M.Quraish Shihab. Hal. 72)